Bagi kamu pencinta keindahan bahari, tentunya akan melihat tidak hanya pemandangan indah diatas permukaan laut yang ada di sebuah pantai namun juga pemandangan indah dibawah permukaan laut. Di manakah kamu bisa mendapatkan kombinasi ini? Langkahkan kakimu sekarang juga menuju Pantai Ora yang terletak di Pulau Seram, Maluku, dan temukan sebuah surga dunia yang memiliki keindahan yang menenangkan jiwa! Pandangan mata kamu akan terbuai oleh indahnya alam Pantai ini, baik pada saat kamu mengangkat tatapanmu untuk menikmati pemandangan disekitar pantainya maupun pada saat menundukan kepala ke hamparan taman koral yang terhampar luas terbungkus oleh air laut yang sangat bening.

Cottage tempat kamu menginap di Pantai Ora
Cottage tempat kamu menginap di Pantai Ora

 

Perjalanan menuju Pantai Ora memang membutuhkan usaha dan waktu yang cukup besar, namun sepadan dengan apa yang akan didapatkan.

Saya berangkat dari Jakarta menuju Ambon menggunakan penerbangan tengah malam. Ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan jadwal terbang malam ini. Waktu tempuh dari Jakarta ke Ambon sekitar lima jam; berangkat dari Jakarta jam 12 malam waktu Jakarta dan tiba di Ambon jam tujuh pagi waktu setempat (ada perbedaan waktu dua jam antara Jakarta dan Ambon).

Setibanya di Ambon, kita bisa terlebih dahulu menikmati sarapan di salah satu kedai kopi yang sangat terkenal di kota Ambon, namanya Warung Kopi Tradisi Joas; namanya sesuai dengan nama pemiliknya yaitu Pak Joas. Di warkop Joas ini saya menikmati kopi panas ditemani dengan singkong dan sukun goreng… nikmaaaatnyaaa… yang membuat camilan ini menjadi spesial adalah sambalnya yang benar-benar pedas. Jadi hati-hati yah kalau mau dicocol sambalnya jangan banyak-banyak, kecuali kalau kamu adalah pencinta pedas.

image
Warung kopi paling terkenal di kota Ambon, Warung Kopi Tradisi Joas

Setelah menikmati sarapan, perjalanan dilanjutkan menuju ke pelabuhan untuk menyeberang ke Pulau Seram dengan kapal cepat yang memakan waktu sekitar 1.5 jam untuk tiba di pelabuhan Amahi, Masohi. Hanya ada dua jadwal penyeberangan dengan kapal cepat, jam 10.00 dan jam 16.00. Disarankan untuk menggunakan yang jadwal pagi karena perjalanan dari Masohi masih lumayan panjang untuk tiba di Pantai Ora.

Perjalanan mengejar surga di bawah laut dilanjutkan dengan pejalanan darat dari Masohi, membelah hutan alam yang sejuk, menuju ke desa Saleman yang memakan waktu sekitar 3-4 jam. Desa ini merupakan pintu gerbang masuk menuju Pantai Ora. Dari pelabuhan kecil desa Saleman ini kita sudah bisa melihat lokasi Pantai Ora yang bisa dicapai dengan perahu motor kecil dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Setibanya di Pantai Ora, yang pada saat itu sudah pukul 16.00, saatnya untuk menikmati pemandangan sunset yang cantik dari balkon cottage.

image
Sunset di Pantai Ora dari balkon cottage.

Ada dua tipe cottage di Pantai Ora. Cottage di pinggir pantai dan di atas hamparan taman koral. Untuk mendapatkan pengalaman yang memuaskan, saya sarankan untuk menginap di cottage yang terletak diatas taman koral. Kita bisa langsung menikmati hamparan koral dan ikan-ikan cantik yang asik bermain di sela-sela koral langsung dari bakonnya.

image
Cottage Pantai Ora diatas taman koral

Hamparan koral di area Pantai Ora ini sangat luas. Namun bila ingin menikmati suasana snorkeling yang indah tidak hanya dibawah laut tapi juga diatas lautnya, bisa menuju ke salah satu lokasi snorkeling yang berjarak sekitar 15 menit dari Pantai Ora dengan menggunakan perahu motor kecil. Perjalanan menuju lokasi ini pun sangat menyenangkan karena mata kita akan dimanjakan dengan pandangan indah bukit hijau dan tebing-tebing karang.

image
Ini adalah lokasi yang dorekomendasikan untuk melakuka snorkeling di area Pantai Ora.

Di lokasi rekomendasi untuk snorkeling ini, diatas permukaan lautnya kita akan dihadapkan dengan sebuah dinding tebing yang sangat tinggi dan hijau dan hamparan laut hijau yang luas. Dibawah laut, kita akan menemukan keindahan alam bawah laut yang sangat memukai. Hamparan koral warna-warni nan indah dan berbagai ragam ikan-ikan cantik penuh warna. Sungguh sebuah pemandangan yang luar biasa mengagumkan.

Selain Pantai Ora dan lokasi snorkeling ini, kita juga bisa mengunjungi Pantai Belanda yang terletak juga tidak jauh dari Pantai Ora. Keunikan dari Pantai Belanda ini adalah suhu air lautnya yang sangat dingin seperti air yang baru dituang dari kulkas. Pantai ini adalah muara dari sebuah sungai di Pulau Seram.

Pemandangan sunset di Pantai Belanda ini juga cantik. Pantainya yang sangat landai dan jauh hingga ke tengah laut membuat pantai ini menjadi tempat yang seru untuk bermain-main dengan air laut.

image
Sesi pemotretan seru-seruan di Pantai Belanda
image
Mendorong perahu untuk berlayar menuju lautan.

Gimana? Tergiur kan buat menikmati secara langsung keindahan Pantai Ora dan sekitarnya? Segera buat perencanaan perjalanan kamu sekarang juga.

Tips lainnya:

  • Lakukan pembookingan cottage sebelum berangkat. Jumlah kamar yang terbatas membuat kita tidak bisa melakukan booking di tempat.
  • Bila ingin untuk menikmati minuman beralkohol, persiapkan dari sebelum berangkat. Kalau untuk bir, bisa dipesankan ke cottage untuk disediakan terlebihdahulu.
  • Listrik akan padam pada jam 2 pagi hingga jam 6 pagi. Jadi pastikan kalau mau nge-charge hp atau alat-alat elektronik lainnya sebelum jam listrik padam ini.
  • Sangat disarankan untuk membawa power bank karena kondisi sinyal yang kurang baik membuat hp akan terus aktif mencari sinyal dan membuat hp akan cepat habis baterai.
  • Tidak tersedia TV atau hiburan apapun, jadi sebaiknya bawa speaker mini untuk bisa sedikit memberikan keriaan saat bersantai-santai bersama teman perjalanan.
  • Biar gak bete saat menikmati suasana tenang dan romantis yang disuguhkan di Pantai Ora, sebaiknya datang dengan pasangan atau beramai-ramai dengan teman-teman yang seru hehehe

Cheers,
– A K –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s