Sebuah Langkah Kecil untuk Perubahan Besar

kisah ini adalah kisah nyata yang dialami oleh salah satu direktur di kantor gw

Sekitar enam tahun yang lalu ada seorang penderita polio (sebut saja namanya Anto, bukan nama asli) yang membaca sebuah artikel profile dari direktur saya ini di surat kabar Bisnis Indonesia, dan merasa terpanggil untuk bisa bertemu dengan direktur tersebut. Modal informasi yang Anto miliki hanya nama dan tempat bekerja dari direktur ini. Anto juga tidak mengetahui bahwa orang yang ingin dia temui adalah seorang direktur dari salah satu perusahaan multinasional yang sangat besar di Indonesia.

Singkat cerita Anto berhasil mendatangi kantor tersebut dan menyatakan niatnya untuk bertemu dengan direktur ini. Namun sayangnya pada saat itu direktur ybs sedang dalam meeting sehingga tidak bisa dijumpai. pada saat itu pula lah Anto mengetahi bahwa orang yang di profile di surat kabar tersebut adalah seorang direktur dan membuat dirimua menjadi tidak percaya diri untuk bis bertemu langsung.

Akhirnya, Anto hanya menuliskan sepucuk surat kepada direktur tsb dan mengantarkan surat tersebut secara langsung ke kantor kami. Surat Anto tersebut diterima langsung oleh sekretaris direktur dan langsung diberikan begitu direktur tersebut berhasil ditemui oleh sekretarisnya. Direktur terebut lalu menghubungi Anto dan menyampaikan bahwa Ia bersedia untuk menemui Anto.

Pada pertemuan itu, Anto menyatakan salah satu harapannya untuk bisa bertemu dengan direktur ini adalah untuk meminta bantuan beliau berupa biaya untuk membuat kursi roda rancangan Anto sendiri. Si direktur lalu memenuhi permohonan bantuan tersebut dengan harapan kursi roda itu bisa membantu Anto dalam mobilisasinya yang selama ini hanya bisa dilakukan Anto dengan merangkak.

Selang beberapa lama kemudian Anto pun menceritakan bagaimana niatnya untuk menjalakan bisnis MLM nya selalu gagal dan ditipu oleh orang dan kembali meminta bantuan direktur tsb untuk bisa membantu modal usaha pulsanya. Si direktur pun membantu Anto dengan syarat Anto harus memberikan laporan berkala mengenai usahanya dan pengembalian modalnya akan dilakukan apabila si direktur tersebut memintanya.

Setelah setahun berbisnis, Anto pun menghubungi direktur tsb dgn niat untuk mengembalikan modal yang dipinjamnya karena usahanya sudah berbuah hasil yang lumayan. Namun si direktur berkata, “Kan sudah saya katakan, saya yang akan menentukan kapan saya akan meminta modal itu dikembalikan”.

setelah beberapa tahun berselang, si direktur teringat kembali dengan Anto dan ingin mengetahui kabar dan bagaimana kondisi bisnis pulsa Anto tersebut. Karena sudah lama tidak berkomunikasi, jadi si direktur sempat mengalami kendala untuk menemukan nomor telepon Anto.

Pagi ini, sabtu, 21 Mei 2011, Anto berhasil dihubungi oleh si direktur. Sebuah kabar yang sangat menggembirakan diterima oleh si direktur, Anto sudah menjadi seoran pengusaha pulsa dengan omset mencapai puluhan juta rupiah!

Mungkin cerita ini tidak sebombastis kisah-kisah nyata yang diangkat dalam buku-buku atau film-film yang sering kita tonton, tapi buat gw, karena kisah ini dialami oleh orang yang gw kenal dan sehari-harinya bertemu di kantor, membuat cerita ini mejadi begtu nyata dan sangat inspirasional.

Nilai yang bisa dipetik
1. Seperti judul tulisan ini, jangan pernah menyepelekan SEBUAH LANGKAH KECIL yang baik yang pernah, sedang, dan akan kita lakukan karena setiap tindakan yang kita lakukan adalah sebuah untaian kisah untuk menjadi sebuah CERITA PERUBAHAN BESAR dalam hidup ini. Langkah kecil Anto dengan mengirim si direktur surat berbuah KESUKSESAN DALAM BERBISNIS dengan omset puluhan juta. Langkah kecil si direktur dengan memberikan dana untuk kursi roda dan bisnis Anto berbuah sebuah KEBAHAGIAAN bagi Anto dan tentu saja BERKAH BERLIMPAH dari Yang Maha Kuasa

2. Jelas sekali dalam kisah ini, bila kita punya sebuah MIMPI POSITIF dan BERANI MEWUJUDKAN mimpi tersebut, maka TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN di dunia ini. KEBERANIAN Anto untuk MEWUJUDKAN MIMPInya menjadi seorang pengusaha dengan meminta bantuan si direktur berbuah manis KESUKSESAN. KEBERANIAN dan KEPERCAYAAN si direktur memberikan modal usaha pada Anto membawa selain mebawa PERUBAHAN BESAR dalam hidup Anto tapi juga bagi si direktur yaitu sebuah KEBAHGIAAN dan PEMBELAJARAN dari hasil berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

3. kalau dilihat dari sisi dunia kerja, banyak dari kita dan sering saya temui orang yang MENDEWAKAN para petinggi perusahaan karena mereka mempunya KEKUASAAN sehingga kita ENGGAN dan TAKUT untuk BERTEMAN bahkan berpapasan dengan mereka. Padahal, mereka juga MANUSIA seperti hal nya kita semua dan sebuah sapaan “halo pak” dapat membawa kita pada sebuah level kedekatan yang justru akan membantu kita dalam mempersiapkan diri kita disaat kita HARUS sering berhubungan dengan mereka. contoh lah si Anto, dengan segala keterbatasannya tapi memiliki sebuah KEBERANIAN untuk menyapa dan bertemu si direktur, saat ini Anto menjadi seorang yang SUKSES dalam pekerjaannya.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kita petik dari kisah ini, kamu bisa menyarikannya sendiri dengan mengaitkan dengan kisah hidup kamu masing-masing.

Yuk, kita buat PERUBAHAN BESAR lainnya dalam hidup kita dengan memulainya dari HAL KECIL yang BISA KITA LAKUKAN. Ga usah muluk-muluk dulu, karena gw sangat yankin kalau kita bisa melakukan hal-hal kecil dengan baik maka tanpa kita sadari kita akan digiring kepada hal-hal besar.

cheers,
– AK –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s