Svarga Sempu

Beawal dari iseng-iseng mau berlibur ke Malang ramai-ramai dengan teman-teman kantor untuk mengisi long week end di bulan April, eeh ada yang ngajakin sekalian aja kita ke Pulau Sempu. Sempat pesimis karena dari 5 orang yang berangkat, belum ada satu pun yang pernah kesana. Kita hanya bermodalkan infor dari internet dan sedikit arahan dari teman lain yang sudah pernah kesana. Akhirnya dengan tekat bulat dan info seadanya berangkatlah kami semua, Khrisma, Ribut, Alfari, dan Panji.
Bersantai di Toko Oen, es krim warisan masa lalu yang masih nikmat hingga saat ini dan menjadi salah satu tujuan kuliner di kota Malang

Perjalanan dimulai dengan perjalanan dengan pesawat dari Jakarta ke Malang via Surabaya, karena lebih fleksibel jadi tidak harus cuti pada hari kamisnya dan tiba di Malang malam hari. Di Malang kami menginap di rumah Khrisma. Hotel di Malang juga banyak pilihan, kalau memang tidak ada yang bisa ditumpangi, ada Santika (buat yang ingin berbintang) dan ada juga guest house murah (bisa di googling).

Hari Jumatnya kami isi dengan wisata kuliner di kota Malang. sarapannya pecel kawi di jalan kawi, setelah itu santai-santai sejenak di Toko Oen, menikmati home made ice cream dengan ditemani suasana bangunan jaman Belanda. setelah itu kita makan siang chui mie. Masih banyak lagi kuliner yang nikmat di Kota Malang sepeti Gang Jangkrik (sangat disarankan hanya kepada yang mengkonsumsi babi), jagung bakal pulo sari, bakso bakar, soto lombok di jalan lombok, dlsb.

Memandang Pulau Sempu dan sekelilingnya dari Pantai Sendang Biru dipagi hari... what a peacefull view, right?!

Perjalanan ke Pulau Sempu sangat dianjurkan untuk dilakukan pada subuh hari jam 4an dari kota Malang. Menempuh perjalanan sekitar 2 jam untuk sampai ke Pantai Sendang Biru, pantai bagi para nelayan menyandarkan perahunya. Di Sendang Biru ini juga terdapat sebuah penginapan wisata, tapi tidak dianjurkan untuk go show ke penginapan ini karena jumlah kamarnya yang memang sangat minim. Setelah tiba di Sendang Biru, kita akan berlayar menuju Pulau Sempu yang kira-kira berjarak hanya 500 meter dan terlihat sangat jelas sekali dari Pantai Sendang Biru. Biaya menyeberang ke Pulau Sempu Rp.100.000,-/kapal, yang dapat memuat sekitar 10 – 15 orang. Kita juga bisa dibawa berlayar mengelilingi Pulau Sempu (tentunya dengan biaya yang lebih mahal) tapi tidak direkomendasikan karena dibalik Pulau Sempu adalah Samudra Hindia dan para nelayang tersebut tidak menyediakan life vest.

Disinilah kita memulai petualangan di Pulau Sempu. Ini adalah "dropping point" bagi semua pengunjung Pulau Sempu

Setibanya di Pulau Sempu, kita harus berjalan cukup jauh untuk bisa mencapai Pantai Segara Anakan yang terdapat di ujung bagian dalam Pulau Sempu. Sangat tidak dianjurkan untuk melakukan petualang di Pulau Sempu pada musim hujan, kecuali Anda memang mencari petualngan yang menantang dan penuh lumpur. Inilah yang kami alami, pagi hari hujan sudah mengguyur Pulau Sempu dan perjalanan menjadi sangat berat dan menantang. Lumpur menjadi santapan kami sepanjang perjalanan selama sekitar 3 jam (bila dalam kondisi kering bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam-an). Awalnya ini terasa berat, tapi lama-kelamaan ini menjadi sebuah “hiburan” tersendiri bagi kami. Yang lebih berbahaya jika jalan menjadi basah dan berlumpur adalah tingkat kelicinan menjadi sagat tinggi, sementara ada medan perjalanan yang cukup berbahaya bila jalanannya licin karena berada di tepian terjal antara bukit dan laut Segara Anakan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan sepatu sporty untuk mempermudah perjalanan.

Pantai Segara Anakan di dalam Pulau Sempu, ini yang gw sebut Svarga Sempu, "heaven on earth"

Setelah menempuh perjalanan panjang yang sangat menantang, sampailah kami di lokasi yang gw sebut Svarga Sempu, Heaven on Earth, Pantai Segara Anakan. Pantai kecil di lokasi terpencil yang masih terjaga dengan baik ditengah-tengah pulau yang pernah menjadi tempat penggojlogkan pasukan TNI AL Indonesia. Pantai ini mendapatkan asupan air laut dari celah karang yang terletak di ujung Pulau Sempu yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Keindahan dan ketenangan di Pantai Segara Anakan di dalam Pulau Sempu ini hanya dipisahkan oleh tebing-tebing karang setebal kisaran 100 meter dari hamparan luas penuh misteri lautan Samudra Hindia.

Dari atas tebing pembatas tersebut, kita juga bisa menikmati indah nya Pantai Segara Anakan, yang bisa dibilang mirip baget sama pantai yang ada di film “The Beach” yang diperankan oleh Leonardo Dicaprio, sekaligus menerawang misteri yang mendalam dari Samudra Hindia.

Tebing-tebing tinggi ini lah yang membatasi Svarga Sempu dengan Samudra Hindia
Svarga Sempu dari atas tebing pembatas. it is a heaven on earth

Petualangan di Pulau Sempu ini buat gw sangat menyenangkan. Petualangan yang jarang bisa gw temukan dan bisa menjadi salah satu alternatif untuk stress release dengan cara yang berbeda dari sekedar menikmati fasilitas mewah yang ditawarkan dunia perkotaan.

Tips lainnya bila Anda ingin mengunjungi my Svarga Sempu:

1. air laut akan surut pada jam 4pm, maka sebisa mungkin Anda sudah berada di dropping point pada jam tersebut

2. siapkan makan siang ringan seperti roti dan/atau biskuit+kornet dan jangan lupa persediaan air minum yang banyak untuk selama perjalanan pergi dan pulang dan juga di Pantai Segara Anakan nya

3. Selain sepatu, jangan lupa juga persiapkan sandal untuk bersantai dan cukup membawa 1 set baju ganti saja (kaos, celana pendek, celana dalam)

Selamat menikmati perjalanan di Pulau Sempu dan temukan cara mu sendiri untuk menikmati petualangan di Pulau Sempu.

Cheers,

– AK –

2 thoughts on “Svarga Sempu

    1. gimana kalau langsung Raja Ampat aja?

      tapi ingat! setelah liburan kelas melati, sekarang liburan kelas berbintang dulu… OK? shanghai jadi?!?!?!?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s