Amazing Venezia

Untuk kota yang satu ini, kata “Amazing” buat gw adalah kata yang tepat! Sebuah kota yang sangat unik. Sementara berbagai negara berusaha “menambah” dataran untuk memperluas dan membangun kota-kota nya, Venezia tetap bisa berkembang dengan keterbatasan tanah dan banyaknya sungai-sungai di dalam kota nya. Kalau Indonesia dikenal sebagai “negara bahari” maka kota Venesia bisa dikatakan sebagai “kota bahari”🙂.

Venezia, kota bahari yang mengagumkan
Gondola, angkutan tradisional Venezia

Transportasi utamanya adalah transportasi air. “Bus”/”kreta” dalam kota mereka adalah kapal berkapasitas sekitar 100 orang yang mereka sebut boat. Sistem pembelilan tiket boat mereka tidak kalah modernnya, ada loket pembelian tapi ada juga kartu berlangganannya seperti kartu subway/metro/trem/bus, seperti layaknya kota-kota lain di Eropa. “Taxi” mereka adalah perahu boat berkapasitas 2-5 orang dan “becak”/”bajaj” mereka, sebagai sarana transportai tradisional khan Venezia, adalah perahu gondola.

Santa Maria Gloriosa di Frari, Salah satu gereja tua yang masih dipergunakan hingga saat ini

Tidak hanya itu, bangunan-bangunan dengan design tua ala renaissance yang menghiasi kota Venezia di jaman yang modern ini menambah nilai “amazing” dari kota ini. Tapi, tidak semuanya adalah bangunan peninggalan jaman dulu. Sebagian besar adalah banguna baru yang dibuat tetap dengan mempertahankan design ala renaissance ini. Venezia benar-benar mempertahankan ke-tua-an kotanya, sama juga seperti di Roma, dan hal ini adalah untuk membangun dan memajukan kota tersebut.

salah satu pasar malam tradisional di Venezia

Selama gw di Venezia, berjalan kaki tampaknya sebuah hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Karena begitu banyak hal yang menarik yang bisa di lihat. Tapi harus hati-hati, jangan coba-coba untuk menghafal jalan di venezia! Jalanannya tidak seperti jalan di kota-kota, tapi sangan sempit dan lebih mirip gang-gang pinggiran kota dengan blok-blok yang tidak besar. Paling panjang jalan lurusnya kira-kira 200 meter. Bedanya, gang ini dikelilingi oleh bangunan tinggi bergaya renaissance, sedangkan gang di pinggiran kota lebih seperti area kumuhnya.

Procuratie Vecchie dekat dengan Palazzo Ducale, istana tempat tinggal pemimpin dari Republic of Venice pada jaman dulu. Keduanya terletak di area Piazza Saint Marco. Dibalik Procuratie Vecchie ini lah terdapat pertokoan brand-brand fashion ternama seperti Louis Vuitton dan Gucci.

Namun, dibalik semua gaya kota tua ala renaissance ini, berbagai macam modernisasi juga terjadi. Ini membuktikan bahwa mereka tetap berkembang dengan cara mereka sendiri. Dan hal itu justru menjadi daya tarik terbesar bagi para turis yang juga berarti peluang bisnis yang sangat baik untuk beberapa bidang usaha. Diantaranya adalah brand-brand fashion yang sangat di banggakan oleh penduduk kota besar juga ada di kota kecil dan “tua” ini, seperti saja Louis Vuitton dan Gucci. Dan gaya hidup kota besar yang identik dengan cafe dan night life tidak ketinggalan, HardRock Cafe juga membuka franchise nya di kota “tua” ini.

Lagi-lagi 2 hari gw secara keseluruhan diisi oleh hal-hal baru dan menarik. Yah, ada sih beberapa hal yang kurang enak, tapi itu tidak sebanding dengan pengalaman besar yang gw peroleh. Hotel yang gw tempati pun kebetulan cukup nyaman dengan harga yang terjangkau dan sangat dekat dengan stasiun kreta, bus, dan halte boat.

So, kalo ada rencana ke Eropa, jangan lupa untuk mampir di kota Venezia yang Amazing ini…

Gracias! Chiao!

– AK –

6 thoughts on “Amazing Venezia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s