Batik, Warisan Budaya Indonesia

Pada hari ini, 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan Batik sebagai Intangible Heritage of Humanity. Satu lagi warisan budaya Indonesia yang akhirnya diakui dunia sebagai milik Indonesia, setelah sebelumnya di tahun 2008 UNESCO menetapkan pertunjukan wayang dan keris sebagai Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia.

Dalam rangka menyambut kabar gembira tersebut, begitu banyak penduduk Jakarta mengenakan batik pada hari ini. Batik yang biasanya dijadikan “seragam” para karyawan pada hari-hari tertentu mendadak menjadi seragam kota Jakarta. Kalau dulu orang berpakaian batik hanya akan ada 1 diatara 50 orang dan mendapatkan tatapan sedikit aneh, pada hari ini justru orang tak berbatik yang menjadi 1 diantara 50 orang dan mendapatkan perlakuan yang tersisihkan.

Seperti di kantor gue, bisa dikatakan 90% mengenakan batik! kereeen!!! di divisi gue semuanya pakai batik!

Perwakilan karyawan yang mengenakan batik dengan berbagai macam motif dan warna
Perwakilan karyawan yang mengenakan batik dengan berbagai macam motif dan warna

Berbagai macam motif, warna, dan design baju batik pun terlihat berseliweran dimana-mana (kalau buat cowok yah cuma kemeja, tapi ada yang model pak lurah ada juga yg dibuat lebih modis🙂 ).

Kebetulan lagi ada acara halalbihalal juga pada hari ini, jadi sekalian kita makan siang bersama. Dan yang serunya lagi, sekalian ngerjain beberapa orang, ada fashion show khusus dipersembahkan hanya untuk Gank Rolas (nama gank buat anak-anak yang kerja di lantai 12)

Seruu yaaahhh!!!

Yang lebih menyenangkan lagi adalah akhirnya satu demi satu perlahan tapi pasti, Indonesia bisa mengakui dengan tenang apa yang memang menjadi warisan kebudayaannya.

SELAMAT HARI BATIK!!!

 

– AK –

2 thoughts on “Batik, Warisan Budaya Indonesia

    1. wah, seru donk… bule nya bukan kamu khan?!?! hahahaha…

      tapi menurut laporan pandangan mata, Jakarta pada hari itu dipenuhi oleh orang berpakaian batik dari yg level bawah hingga yang tinggi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s