Iklan-iklan TV Berkualitas dari Indonesia

Belakangan ini kita sring banget “mengamuk” karena melihat iklan TV buatan negara tetangga, yang tidak dipungkiri hasilnya cukup bagus. Sayang nya, iklan-iklan tersebut “mengambil” beberapa hal yang sebenarnya perlu di klarifikasi terlebih dahulu kebenarannya. Akan tetapi, hal ini menjadi pertanyaan kembali untuk Indonesia, kalau memang kita “bangga” dengan segala kebudayaan yang kita miliki lantas mengapa kita sendiri tidak pernah mempopulerkan hal itu ke seluruh dunia melalui iklan-iklan pariwisata Indonesia di TV?

Munkin sebagian dari kita juga sering melihat iklan TV visit Jakarta. sebuah iklan, yang menurut gue, sama sekali tidak menggambarkan hal yang penting dan menggugah hasrat untuk berkunjung. Seorang bule yang datang ke Jakarta dengan berbagai barang-barang yang tidak penting yang kemudian berceceran di bandara Jakarta dan akhirnya tertukan di bandara dengan tas milik bule lainnya. “hhhmmm… seburuk itukah kondisi bandara internasional di Jakarta?” itulah kesan pertama yang timbul dalam benak gue, sebuah ketidakberaturan, yang dijadikan “candaan” kepada para turis, bukan sebuah niat untuk berkunjung. Lebih dari itu semua, kualitas iklan itu juga cukup memalukan.

Hal-hal itu menggiring gue ke beberapa pertanyaan; serendah itu kah taste dari tim kreatif kita di pemerintahan? sementara di dalam kota Jakarta sendiri kita mempunyai begitu banyak anak bangsa yang sangat berkualitas dan mempunyai tingkat kreatifitas yang sangat tinggi – baru di Jakarta aja loh, belum di kota-kota lain. Atau karena alasan dana sehingga mereka membuat iklan “yang penting ada” ini? Sadarkan mereka bahwa iklan itu merupakan investasi yang penting? Kalau kita punya iklan yang menarik pasti akan bisa mendatangkan banyak orang ke tempat kita.

Mungkin Departemen Pariwisata kita perlu belajar dari tiga iklan yang saat ini beredar di TV nasional dan jaringan TV berlangganan. Ketiga iklan tersebut adalah iklan produk Citra – Pemberdayaan Perempuan Indonesia, Citra – Women Empowerment, dan iklan Garuda Indonesi yang baru.

ketiga iklan ini menangkap berbagai keindahan bumi Indonesia yang benar-benar bisa menceritakan keragaman budaya di Indonesia yang mengundang selera untuk dikunjungi secara langsung. Gue juga sangat yakin kalau sebagian besar dari kita, tidak hanya orang-orang di pemerintahan tapi kita sendiri sebagai rakyat dari negara Indonesia ini, ada yang belum pernah mendatangi atau melihat secara lansung apa yang ada di kedua iklan tersebut. Selain itu, apa yang ada di dalam iklan tersebut hanyalah sebagian kecil dari apa yang ada di Indonesia ini, mengutip dari pernyataan Edward Hutabarat yang terlibat dalam pembuata iklan Citra.

Gue kurang begitu mengetahui tentang iklan Garuda Indonesia, tapi untuk iklan Citra, adalah asli buatan Anak Bangsa. Maka patutlah kita berbangga akan hal itu. Iklan Citra ini diambil gambarnya, di olah, dan diproduksi semuanya secara lokal, asli Indonesia – pengisi suara untuk versi bahasa Ingris nya pun adalah perempuan Indonesia. Salah satu anak bangsa dengan kreativitas tinggi yang juga terlibat dalam iklan Citra ini adalah Jay Subiakto.

Hal menarik dari iklan TV Citra adalah pengambilan gambarnya tidak menggunakan kamera betknologi tinggi seperti layaknya pembuatan iklan lainnya tapi hanya dengan menggunakan kamera SLR. Pengarah cahayanya adalah Tuhan, mengutip perkataan Jay Subiakto, karena sama sekali tidak ada tambahan pencahayaan selain dari cahaya alam. “Jadi kalau hujan ya berhenti, kalau malam dan gelam ya istirahat.” kata Jay sih begitu yah. Dan iklan ini secara total mengambil waktu kurang lebih 2 bulan dari proses ngobrol-ngobrol iseng antara Bang Edo, Jay, Tim Citra, dan beberapa sutradara lainnya.

Buat yang bisa cerita tentang iklan Garuda Indonesia, akan dengan senang hati kalau bisa di share juga di comment box yah…

 

– AK –

6 thoughts on “Iklan-iklan TV Berkualitas dari Indonesia

    1. Hi Stary,
      iklan garuda ini sudah sering tayang di stasiun tv lokal kok… tapi sepertinya dia penggal2 jadi sesuai per kebudayaan nya… jadi ada yang hanya menampilkan kebudayaan jawa saja, ada yang bali, dan ada yang nusa tenggara…

      yah kalau belum pernah liat, cukup di blog ini juga udah berbarti kamu liat iklan nya kok🙂 karena mereka yang liat di TV pun akan melihat hal yang sama dengan yg di blog ini

  1. Artikel bagus! Saya setuju. Kita lupa pentingnya iklan pariwisata. Saya sering pikir bahwa iklan Citra (yang tentang perempuan – pertama di atas) bisa membuat iklan pariwisata keren sekali tanpa ganti sama sekali (kecuali gambar botol Citra terakhirnya, tentu saja).

    1. Hi Brett,
      Yup, saya juga suka banget sama iklan2 ini… yah memang karena ini adalah untuk kepentingan promosi produk jadi pada akhirnya akan tetap harus sedikit di branding laaah hehehe

      but, thx a bunch untuk komen nya🙂

    1. iya, iklan itu juga keren tapi… menurut gw, hubungan antara isi iklannya dengan produknya kurang mengena… jadi lebih terlihat sebagai iklan kolosal yang dibuat megah hanya untuk menarik perhatian orang saja sementara “pesan” produknya kl sampe sukur, kalo gak ya udah gak pa2 yg penting udah sempe bikin orang ingat…

      cheers,
      – AK –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s