PR di dunia maya

Tampaknya emang dunia maya atau digital mulai benar-benar mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam kegitan PR. Belakangan ini semakin bnyak pihak yang melakukan kegiatan seminar atau workshop yang membicarakan tentang new media web 2.0. selain itu semakin banyak juga pihak yang melibatkan new media web 2.0 dalam membantu mencapai tujuan yang diinginkan. Bahkan yang paling baru saat ini, para calon presiden 2009 melakukan kampanye di facebook dan juga kegiatan kumpul-kumpul bersama para blogger.
 
Mas Wicak sedang "curhat" di PR & New Media Workshop
Mas Wicak sedang "curhat" di PR & New Media Workshop

Baru saja saya mengikuti salah satu workshop yang dilakukan di Intercon. Yang menarik dari workshop ini, salah satu pembicaranya adalah penulis blog ndoro kakung yang baru-baru ini juga meluncurkan bukunya, Mas Wicaksono. Sharing yang disampaikan oleh Mas Wicak cukup menghibur setelah sebelumnya harus mengikuti penjelasan tentang new media web 2.0 yang bisa dibilang kurang menarik.

Menurut Mas Wicak, memang di dunia blog masih terdapat banyak ketidakpastian sehingga memang setiap blogger harus sangat berhati-hati dan masyarakat akan menjadi penjaganya. Dalam kesempatan ini juga Mas Wicak sendiri mengatakan kalau perusahaan tidak perlu takut akan adanya black campaign yang dilakukan melalui blog, karena kontrol terhadap kebenarannya pun akan selalu terjadi.

Tidak semua blogger juga mengerti kalau setiap yang dituliskan mengandung konsekuensi hukum dan kode etik layaknya jurnalis media. Untuk itu sangat diperlukan adanya kesepakatan bersama dari semua blogger untuk membuat kode etik secara bersama-sama. Akan tetapi jangan sampai hal ini akhirnya menjadi hambatan bagi blogger untuk mengekspresikan dirinya melalui tulisannya. Sebagai contoh, bila seorang blogger tidak senang terhadap sebuah produk, sebaiknya tulisan yang dimuat dalam blognya tidak hanya berisi celaan semata tetapi juga saran-saran yang membangun.

Bila sebuah perusahaan ingin melakukan kegiatan yang berhubungan dengan blogger, sangat gampang! cukup hubungi salah satu blogger besar dalam komunitas yang menjadi targetnya. terdapat banyak sekali komunitas blogger di dunia digital, perusahaan tinggal memilih komunitas mana yang sesuai dengan target marketnya.

Tips dari Mas Wicak tentang Blogger adalah blogger sangat senang diajak ngobrol, foto-foto, dan jalan-jalan. Rata-rata bloggers itu “narsis”.

 

– AK –

4 thoughts on “PR di dunia maya

  1. hahhaa.. iya betul.. soalnya kalo gak ada fotonya itu nanti kita dibilang “hoax” lagi haha.. makanya setiap ada acara apa-apa kudu mesti harus wajib fardhu yang namanya foto-foto hihihi:mrgreen:

    btw nampaknya akan semakin banyak ya perusahaan yang akan bekerja sama dengan blogger.. sip-sip ditunggu deh hehehe:mrgreen:

  2. eh, ada ridu😀 buat yang udah ngerti web 2.0 seperti lo pasti jadi ngebosenin banget, ya, penjelasannya. udah piawaiii gitu, lho! hehehe, sementara di sisi lain ada juga yang belum ngerti sama sekali. anyway, congrats for being a permanent staff!🙂

  3. Eehhh ada panitia penyelenggaranya nih hehehehe…
    Gw belum piawai banget sih, masih sering nanya2 juga sama ridu🙂

    kalau boleh kasih masukan, pada saat praktek dengan laptopnya bisa lebih dibuat interaktif lagi dan dari pada menjelaskan semua jenis web 2.0 sesuai kategorinya mending ambil 1 aja yang paling populer jadi waktunya gak jadi kepanjangan.

    But over all, gw cukup senang kok dengan workshop nya. 2 teman gw yg ikut jadi lebih terbuka matanya akan betapa pentingnya web 2.0 baik secara personal maupun corporate hehehehe… dan lebih dari itu adalah nambah ilmu dan teman juga… networking!😉

    1. gue setuju banget sih sama lo, waktu practice-nya kurang karena kebanyakan yang pingin dijelasin. masukan berharga banget kok buat kita. lain kali kalau bikin lagi, kelihatannya lebih baik bikin dalam grup yang lebih kecil, biar bisa lebih intens juga sesi practice-nya🙂

      thanks a lot atas partisipasi dan masukannya, ya. oh temennya ridu, toh?😀

      Ridu: kapan kita nonton private concert lagi? ^.^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s