Kebudayaan dan Tata Krama

Beberapa bulan yang lalu ada sebuah kejadian yang membuat gw cukup jengah… kebudayaan dijadikan alasan untuk melanggar tata krama dan sopan santun.

Intinya, ada seorang ibu yang nyerobot parkiran dan dgn ego yg tinggi menyangkal kl nyerobot, padahal banyak saksi. Singkat kata terjadi adu argumen dan sampe bawa2 polisi sgala. Memang dalam adu argumen tsb ada kesalahan dr gw jg dan gw udah minta maaf tapi sang ibu tetap arogan dan tidak puas… Akhirnya masalah yg sbnernya bisa diselesaikan dgn cepat, cukup dengan ungakapan maaf dari ibu tsb krn udah nyerobot, menjadi panjang dan baru selesai jam 10 malam (kejadian awalnya skitar jam 3 siang).

Yang buat gw kesel adalah, pernyataan polisi yg mengatakan bahwa saya perlu memaklumi sikap keras kepala dan cara bicara sang ibu yg keras karena ibui tsb adalah keturunan batak… Hhhmmm… Kalau hanya volumenya yg keras bisa gw mengerti tp sifat keras kepala dan menolak mengakui kesalahannya, agak susah ya diterima. Gw yakin banget bahwa budaya batak tidak mengajarkan untuk membuat orang2nya memiliki sifat seperti itu. Teman2 gw banyak jg yang orang batak dan volume suaranya iya cukup keras tapi tidak keras kepala dan mereka justru sangat cinta damai dan berani mengakui kesalahan.

Kesal, BeTe, dan jg sedih… Knapa harus sebuah latar belakang kebudayaan menjadi alasan untuk membenarkan sebuah penyimpangan terhadap tata krama dan sopan santun… Apakah benar sebuah kebudayaan mengajarkan sifat2 dasar yang buruk? Pastinya tidak, karena akar dari semua kebudayaan yang ada di indonesia itu akan kembali bersumber pada tata krama dan sopan santun…

Leave a Reply

