Laskar Pelangi

Sebuah film yg diangkat dari novel dengan judul yang sama, Laskar pelangi, merupakan film yang sangat menggugah hati nurani…

Kisah tentang anak-anak yang berasal dari keluarga yang tidak mampu tetapi sangat beruntung. Bukan hanya karena mereka masih bisa bersekolah walau dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, tapi karena mereka memiliki orang tua yang mengerti betul akan pentingnya pendidikan.

Semangat untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, ternyata membukakan banyak sekali ‘keajaiban’. Lintang, anak nelayan, yang “dipaksa” untuk terus bersekolah oleh sang ayah ternyata membuka mata banyak orang tentang kepandaian yang dimilikinya. Bakat lain adalah jiwa seni, tidak mudah untuk mempunyai dan menciptakan ide dan merealisasikan sebuah tarian… Tapi tidak untuk Mahar, karyanya membawa para laskar pelangi sebagai Juara I dalam sebuah karnaval… hampir setiap anak mempunyai kelebihannya masing-masing. Bahkan seorang penderita keterbelakangan seperti Harun pun punya kelebihan… keinginannya untuk bersekolah telah mengantar anak-anak lainnya untuk bisa bersekolah…

Perjuangan dan semangat para guru dalam memberikan pendidikan kepada para “laskar pelangi” juga sangat patut dipuji. Merekalah contoh nyata “pahlawan tanpa tanda jasa”. Bukan harta yna gmereka cari, bukan pamor yang mereka kejar, pendidikan bagi setiap anak baik miskin maupun kaya adalah tujuan mereka.

Hal mengagumkan lain, dari sisi penggarapan film Laskar Pelangi, anak-anak pemeran film ini yang rata-rata adalah asli anak Balitong, ternyata mempunyai bakat berakting yang luar biasa… akting mereka benar-benar bisa membuat banyak orang ikut merasakan “drama” yang sebenarnya dan beramai-ramai menitikkan air mata di dalam bioskop. film ini dikemas dengan begitu bagusnya, sehingga para penonton tidak terus disuguhi tentang penderitaan yang membosankan, layaknya sinetron Indonesia saat ini. two tumbs up!!!

Begitu banyak kisah yang memilukan dalam film ini dan bagi kita, kisah ini bagaikan kisah dalam sebuah dongeng, dengan karakter tak bernyawa dan kisah yang sulit dipahami… Tapi tidak dengan kisah “Laskar Pelangi”…. Kisah yang sulit dipahami oleh pikiran dan hati kita, masyarakat modern yang hidup di kota, tapi memiliki karakter yang bernyawa dan merupakan bagian dari kisah kehidupan masyarakat Indonesia…. (AK)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s